PROFIL JURUSAN PEMASARAN
SMK NEGERI 6 MEDAN
SMK Negeri 6 Medan adalah sekolah yang bergerak di bidang Bisnis dan Manajemen. Sejak awal berdirinya, pada tahun 1967 SMK Negeri 6 Medan memiliki 3 kompetensi keahlian salah satunya PEMASARAN. Pada awalnya jurusan ini bernama Manajemen Bisnis. Kemudaian setelah beberapa tahun berubah menjadi jurusan PJ (Penjualan). Namun, semenjak tahun pelajaran 2009/2010 diubah menjadi Pemasaran. Pada akhirnya, dari nama jurusan diubah menjadi program keahlian. Dan sampai saat ini diubah menjadi Kompetensi Keahlian.
Jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan adalah salah satu jurusan yang mempunyai potensi untuk berkembang menjadi lebih baik. Jurusan ini sudah meluluskan puluhan siswa setiap tahunnya. Rata-rata sekira 20% s.d. 30% tamatan jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan bekerja di supermarket maupun di mini market baik di dalam maupun di luar kota Medan
Hal ini sesuai dengan visi misi jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan
VISI
Menjadikan jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan sebagai jurusan yang unggul di bidang pemasaran, perkoperasian dan Entrepreneur.
MISI
-
Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi di bidang pemasaran, perkoperasian dan Entrepreneur sesuai dengan kebutuhan dan mengikuti perkembangan zaman sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas
-
Membangun kemitraan dan jejaring dengan pengguna (masyarakat, pemerintah, swasta dan alumni dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan lokal dan Nasional).
-
Meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pemasaran.
-
Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Untuk mencapai hal tersebut, maka jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan harus menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompeten sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Tenaga pendidik di jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan ini diketuai oleh Ibu Dra. Restiaman Situngkir tenaga pendidik di jurusan pemasaran SMK Negeri 6 Medan :
NO |
NAMA GURU |
JABATAN |
KET. |
1 |
Dra. Restiaman Situngkir |
Ketua Jurusan |
|
2 |
Drs. Pondang Manurung |
Kepala Lab. Komputer |
|
3 |
Siti Armah, S. Pd |
Kepala Leb. Pemasaran |
|
4 |
Drs. Manombang Manurung |
Guru |
|
5 |
Dra. Nikmasari Hasibuan |
Guru |
|
6 |
Dra. Rospita Siahaan |
Guru |
Output siswa Penjualan diorientasikan ke depan, untuk dapat memiliki keahlian sbb
- Dapat berwirausaha secara Profesional
- Mempunyai Ketrampilan di bidang Marketing
- Dapat melayani konsumen dengan baik & ramah, sehingga konsumen dapat merasa puas
- Mempunyai ketrampilan di bidang penataan barang (Display) dengan baik dan menarik sehingga dapat menggait konsumen
- Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi (Bernegoisasi dengan konsumen)
- Dll
Mata pelajaran khusus (produktif) pada Program Keahlian Pemasaran adalah:
- Menerapkan prinsip professional bekerja
- Melaksanakan komunikasi bisnis
- Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
- Memahami prinsip-prinsip bisnis
- Menata produk
- Melaksanakan Negosiasi
- Melaksanakan Konfirmasi Keputusan Pelanggan
- Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi
- Melakukan Penyerahan/pengiriman Produk
- Melaksanakan Penagihan Pembayaran
- Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
- Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan
- Melaksanakan Pelayanan Prima (Service Exellent)
- Membuka Usaha Eceran / Ritel (Expansion Store Opening)
- Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa
- Memahami Dan Menerapkan Prinsip-Prinsip Bisnis
- Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi
Sarana dan Prasarana jurusan Pemasaran yaitu:
- Pertokoan Bisnis Center sebagai wahana praktikum siswa dalam kegiatan penjualan secara mini
- Laboratorium Cash Register
- Laboratorium Display
- Laboratorim Komputer